Kereta api Arek Surokerto

Arek Surokerto merupakan KA Komuter ekonomi yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia Daop VIII Surabaya untuk melayani koridor Surabaya Gubeng – Mojokerto. Nama kereta ini merupakan akronim dari “Angkutan Rakyat Ekonomi Kecil Surabaya-Mojokerto “. Kereta komuter ini menggunakan rangkaian Kereta Rel Diesel Elektrikyang mulai diresmikan penggunaannya pada hari Sabtu, 29 Agustus 2009, oleh Menteri Perhubungan, Jusman Syafii Djamal.

Tarif resmi tiket Arek Surokerto adalah Rp3.500,00, namun selama masa promosi, sampai dengan tanggal 31 Agustus 2009 masyarakat dapat menggunakan layanan KA ini secara gratis, dan mulai 1 September 2009 hingga sebelum Lebaran 2009, tarif promosinya sebesar Rp3.000,00.


Advertisement

Angkutan massal ini lahir dari semakin meningkatnya kebutuhan moda trasportasi bagi kaum komuter dari Mojokertodan sekitarnya yang akan bekerja di Kota Surabaya.

Namun, untuk saat ini KA Arek Surokerto tidak beroperasi karena armada KRDE mengalami gangguan. Sementara itu armada KRDE yang satunya dipakai Komuter Delta Ekspress.Belum dipastikan kapan armada ini akan beroperasi kembali meningat armada KRDE yang rusak di dipo Sidotopo sedang diperbaiki.