Deskripsi dan Fitur Stasiun Alastua

Stasiun Alastua (ATA)—atau dahulunya ditulis sebagai Stasiun Alastuwa—merupakan stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Tlogomulyo, Pedurungan, Semarang. Stasiun yang terletak pada ketinggian +6 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi IV Semarang dan merupakan stasiun yang lokasinya paling timur di Kota Semarang. Peron stasiun ini berbentuk pulau. Stasiun ini dapat terlihat dari Jalan Layang Bangetayu-Pedurungan ke arah timur. Awalnya stasiun ini memiliki empat jalur kereta api dengan jalur 4 sebagai sepur lurus serta jalur 1-3 yang terpisah di sisi timur laut stasiun. Setelah pembangunan jalur ganda pada tahun 2012, ditambah dua jalur lagi di sisi barat daya dan sistem persinyalan di stasiun ini diganti dengan sistem persinyalan elektrik. Penomoran jalur diubah sehingga nomor jalur di sisi timur laut stasiun menjadi jalur 4-6 dan jalur 2-3 yang baru digunakan sebagai sepur lurus.



Stasiun ini merupakan stasiun yang berada pada jalur kereta api pertama di Indonesia antara Stasiun Samarang NIS dengan Stasiun Tanggung. Stasiun ini biasa menjadi tempat perhentian bagi kereta api dari arah timur yang hendak ke barat apabila Stasiun Semarang Tawang tergenang banjir atau penuh jalurnya maupun terjadi kemacetan parah di Jalan Raya Kaligawe.

Hanya satu kereta api yang berhenti di stasiun ini, yaitu KA Kedung Sepur.

Berikut ini adalah jadwal kereta api penumpang yang berhenti di Stasiun Alastua per 1 April 2017 (berdasarkan Gapeka 2017).
No. KAKATujuanKelasTibaBerangkat
246Kedung SepurNgrombo (NBO)Komuter Eksekutif06.0606.08
245Kedung SepurSemarang Poncol (SMC)Komuter Eksekutif09.0509.09
248Kedung SepurNgrombo (NBO)Komuter Eksekutif16.0616.08
247Kedung SepurSemarang Poncol (SMC)Komuter Eksekutif19.1019.12