Kereta api Jaka Tingkir

Kereta api Jaka Tingkir atau disingkat Jakting (Sepur Joko Tingkir), adalah kereta api kelas ekonomi milik PT Kereta Api Indonesia di Jawa yang melayani rute Purwosari – Pasar Senen, pp. Kereta api ini merupakan kereta api kesembilan (Livery Kesepakatan) dan Ketujuh (Gelombang Livery) dengan gerbong yang dipesan sendiri oleh PT KAI dan tidak lagi didanai oleh Kementerian Perhubungan Indonesia, setelah kereta api Jayabaya.

Kereta api ini diluncurkan pada tanggal 8 Desember 2013. Awalnya, kereta api ini diberangkatkan dari Stasiun Solo Jebres. Namun, stasiun itu rencananya akan dijadikan sebuah museum dan pemberhentian kereta api ekonomi yang hendak melewati lintas utara setelah rute Solo-Madiun, seperti Brantas atau Matarmaja, sehingga pemberangkatan kereta api Bengawan dan Jaka Tingkir dipindahkan ke Stasiun Purwosari.

Kereta api ini diluncurkan untuk mengangkut penumpang yang hendak menggunakan kereta api Bengawan namun tak mendapat tiket kereta. Uniknya, kereta api ini hanya melayani rute tertentu, misalnya pada hari Senin kereta api ini melayani rute Purwosari-Pasar Senen. Pada hari Selasa kereta api ini melayani rute Pasar Senen-Purwosari. Sejak adanya rangkaian baru buatan PT Inka, kereta api ini bisa berjalan setiap hari.

Berikut ini adalah jadwal kereta api Jaka Tingkir per 1 Desember 2019 (berdasarkan Gapeka 2019)

Kembali
Berikutnya

KA 257 Jaka Tingkir (Purwosari – Pasar Senen)

Kembali
Berikutnya